Upaya Meningkatkan kerjasama Antarnegara ASEAN

Upaya Meningkatkan kerjasama  Antarnegara ASEAN
Upaya Meningkatkan kerjasama  Antarnegara ASEAN 

1. Pengaruh kerja sama terhadap kehidupan di negara-negara ASEAN


Pengaruh dibidang sosial politik berpengaruh pada peningkatan hubungan kerjasam antar kota di ASEAN dalam bidang pemerintahan.

➤ Dampak positif 
Negara-negara di kawasan tersebut kian memiliki hubungan erat yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup rakyatnya dengan berbagai kebijakan.

➤ Dampak negatif
Dana pemerintah daerah yang bekerjasama dengan kota lain di ASEAN, harus diserap untuk kunjungan rutin para pejabatnya, bukan untuk kesejahteraan masyarakat bila tidak digunakan efektif.

Pengaruh dibidang budaya akan dapat mempromosikan budaya lokal masing-masing di tingkat dunia.

➤ Dampak positif
Masyarakat di kawasan tersebut akan lebih aktif berpartisipasi dalam pelestarian budaya mereka.

➤ Dampak negatif
Tidak semua budaya dapat ditampilkan dan dipromosikan dalam kerjasama tersebut.

Pengaruh di bidang pendidikan kerjasama tersebut akan berpengaruh pada mutu pendidikan negara-negara di kawasan tersebut.

➤ Dampak positif
Mutu pendidikan akan meningkat dan siswa-siswa bisa mendapat kesempatan untuk studi banding dan pertukaran pelajar.

➤ Dampak negatif
 hanya sekolah tertentu yang bisa mendapatkan kesempatan tersebut

2. Upaya-upaya meningkatkan kerja sama antarnegara-negara ASEAN

A. Bidang Politik dan Keagamaan Berbagai macam perkembangan situasi kawasan negara-negara Asia Tenggara, akhirnya melibatkan kerja sama politik & keamanan. Kerja sama bidang politik & keamanan ASEAN dimulai sejak pertemuan para menteri luar negeri negara anggota ASEAN di Kuala Lumpur, pada 27 November 1971. Saat itu perang Vietnam sedang berkecamuk
Di samping itu, negara-negara adikuasa (Amerika, RRT, & Uni Soviet) ikut ambil bagian di balik pertikaian itu. Dalam pertemuan di Kuala Lumpur, ditandatangani Deklarasi Kuala Lumpur. Deklarasi itu berisi kesempatan untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, bebas, & netral, atau umumnya dikenal dengan ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrally).

Kerja sama bidang politik & keamanan ASEAN lebih ditegaskan lagi dalam pertama di Bali, 23-25 Febuari 1976. Dalam KTT itu akhirnya menghasilkan “Declaration of ASEAN Concord” yang salah satu isinya antara lain berupa penegasan tentang keterikatan para negara anggota ASEAN untuk membina perdamaian, di samping kemajuan & kesejahteraan. Contoh hasil kerja sama negara-negara Asia Tenggara di bidang politik & keamanan, antara lain ;
  • Mengadakan perjanjian ekstradisi (penyerahan pelarian yang tertangkap kepada negara asal) antarnegara anggota
  • Penandatanganan kesepakatan tentang Asia Tenggara sebagai kawasan yang bebas senjata nuklir.
  • Penyelenggaraan kerja sama guna menjaga stabilitas keamanan kawasan wilayah Asia Tenggara. Pelepasan tuntutan kepemilikan atas wilayah Sabah oleh Filipina kepada Malaysia, sebaliknya, malaysia tidak boleh membantu para gerilyawan Moro.
B. Bidang Ekonomi
Kerja sama di bidang ekonomi negara-negara kawasan Asia Tenggara mencakup perdagangan ekspor-impor barang-barang mentah serta jadi, pengelolaan tanaman pangan & hutan, pendirian pabrik bersama, juga pengiriman tenaga kerja, dll. Proyek industri bersama juga telah diselenggarakan :
  • Pendirian parbrik pupuk Urea di Indonesia
  • Pendirian pabrik tembaga di Filipina
  • Pendirian pabrik pupuk Urea di Malaysia
  • Proyek Vaksin di Singapura
  • Proyek abu soda di Thailand

C. Bidang Sosial Budaya
Kerja sama negara-negara ASEAN di bidang sosial & budaya dilaksanakan COSD (Committe on Social Devolepment). Kerja sama sosial budaya antar negara Asia Tenggara di antaranya meliputi; Program peningkatan kesehatan (makanan & obat-obatan). Pertukaran budaya & seni, juga festival film ASEAN Tourism Agreement (ATA) serta penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali SEA GAMES.

0 Response to "Upaya Meningkatkan kerjasama Antarnegara ASEAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel