RPP IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 
ips.guruindonesia.id - RPP IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas IX SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan : SMP N/S
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/Ganjil 
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 3 JP (18 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1 Memahami perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungankehidupanmanusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

4.1 Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1.1 Menjelaskan Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
3.1.2 Mengidentifikasi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut) 
3.1.3 Menjelaskan Sumber Daya Manusia yang meliputi jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya 
3.1.4 Menganalisis Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) 
3.1.5 Menganalisis Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
4.1.1 Membuat Telaah tentang Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
4.1.2 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie. 

C. Tujuan Pembelajara
  1. enjelaskan kondisi Geografis benua asia dan benua lainnyMenjelaskan letak dan luas benua asia dan benua lainnya
  2. Menjelaskan Iklim benua asia dan benua lainnyMenjelaskan kondisi Geografis benua asia dan benua lainny
  3.  Flora dan Fauna benua asia dan benua lainnya
  4. Menjelaskan Rupa bumi benua asia dan benua lainnya
  5. Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua asia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan lau
  6. Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua amerika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut) Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua afrika (jenis sumber daya, penyebaran 
  7. di darat dan laut) Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua eropa (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  8. Potensi sumber daya alam benua australia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  9. Menjelaskan Sumber Daya Manusia benua Asia 
  10.  Menjelaskan Sumber Daya Manusia benua Amerika
  11. Sumber Daya Manusia benua Afrika
  12. Sumber Daya Manusia benua Eropa
  13. Sumber Daya Manusia benua Australia
  14. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia) 
  15. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Amerika
  16. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua AfrikInteraksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Eropa)
  17. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Australia)
  18.  Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
D. Materi Pembelajaran

1. Materi pembelajaran regular

Fakta
Benua Asia adalah benua terbesar di dunia, benua ini memiliki luas wilayah hampir sepertiga luas daratan di permukaan bumi, yaitu kurang lebih 44.000.000 km/segi

Konsep
  • Potensi sumber daya alam benua asia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  • Potensi sumber daya alam benua amerika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  • Potensi sumber daya alam benua afrika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  • Potensi sumber daya alam benua eropa (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  • Potensi sumber daya alam benua australia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Prinsip
Sumber Daya Manusia benua Asia
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  •  pertumbuhan
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
  • keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Amerika
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  • pertumbuhan
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
  • keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Afrika
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  • pertumbuhan
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
  • keragaman etnik (aspek-aspek budaya
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  • pertumbuhan
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
keragaman etnik (aspek-aspek budaya
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  • pertumbuhan; 
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
  • keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Australia
  • jumlah, sebaran, dan komposisi
  • pertumbuhan
  • kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
  • keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Prosedur

2. Materi pembelajaran remedial
  • Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia) 
  • Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Amerika)
  • Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Afrika)
  • Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Eropa
  • Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Australia)
  • Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
3. Materi pembelajaran pengayaan
  • Letak astronomis benua Asia 
  • Letak astronomis benua Amerika
  • Letak astronomis benua Afrika
  • Letak astronomis benua Eropa
  • Letak astronomis benua Australia
E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, tanya jawab dan Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPSJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Modul/bahan ajar,
  • Internet
  • Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1) Tes Tertulis

a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai

2) Tes Lisan

b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok 

3) Produk, 
•Instrumen Penilaian
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a. Remedial
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar, Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).

b. Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar, Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik. Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

RPP IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik disini. 

0 Response to "RPP IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel